info terkini

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Teknik Unisma Bekasi  
I

Sukses Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian Semester

25 Maret 2015 | dibaca: 74 pembaca

Sepekan lagi, mahasiswa akan menempuh ujian akhir semester (UAS). Tentu harus ada yang dipersiapkan untuk menghadapi ujian tersebut. Dan syukurlah, sepekan sebelum ujianfinal exam dimulai, mahasiswa diliburkan untuk fokus dan konsentrasi belajar atau menyiapkan diri entah mental ataupun material agar sukses melewati semua ujian tersebut. Semua dosen berharap, waktu seminggu yang diberikan kepada mahasiswa tidak disia-siakan. Semua mahasiswa diharapkan bisa mengalokasikan waktunya benar-benar, bila perlu dibuatkan jadwal belajar tiap hari untuk semua mata kuliah yang mereka ambil di semester berjalan. Hal ini penting, untuk meng-komit-kan diri mematuhi jadwal yang sudah dibuat sehingga tidak ada satu mata kuliahpun yang tercecer belum dipelajari ulang.

Apa hal-hal yang kiranya perlu dipersiapkan untuk ujian mendatang agar sukses melewatinya? Berikut kiat-kiat dari saya untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir semester, cekidot…

[1] Buatlah Jadwal belajar untuk setiap mata kuliah yang diambil di semester berjalan dan alokasikan waktunya masing-masing. Waktu pagi hari biasanya cocok untuk belajar mata kuliah yang menurut Anda berat, sebab pada waktu pagi hari cenderung pikiran Anda lebih fresh dan cemerlang. Sedangkan waktu malam, gunakan untuk mempelajari mata kuliah yang menurut Anda ringan, sebab malam hari biasanya fikiran Anda cenderung sudah penuh dengan beban-beban fikiran yang menggelayut sepanjang hari.

[2] Susun resume atau rangkuman catatan setiap mata kuliah, sehingga Anda dengan mudah memetakan pelajaran atau materi kuliah tiap-tiapnya. Dan ketika Anda hendak mengulangnya kembali karena ada bagian-bagian yang terlupa, maka Anda akan lebih mudah mengingatnya, sebab Anda sudah tahu kata-kata kuncinya.

[3] Untuk mata kuliah Eksakta (hitung-hitungan), tiada cara lain selain membiasakan dengan berlatih soal-soal, karena ingat mottonya adalah ‘Bisa Karena Biasa’. Cobalah Anda kerjakan kembali contoh soal atau soal-soal yang diberikan oleh dosen, tidak masalah apabila di awal Anda masih terpaku dengan melihat catatan atau penyelesainnya. Namun setelah itu Anda harus mengulanginya lagi sampai Anda benar-benar menguasai dan lancar mengerjakannya tanpa terpaku atau melihat catatan. Pastikan semua soal-soal yang diberikan oleh dosen (biasanya soal-soal tugas/PR), sudah Anda coba kembali menyelesaikannya. Sebab, lazimnya dosen memberikan soal-soal ujian mirip dengan soal-soal tugas atau PR diberikan. Itu sebabnya, ini membutuhkan alokasi waktu yang tidak sebentar dan butuh kesabaran dan kegigihan untuk meninggalkan sejenak hiburan-hiburan Anda. Ingat selalu peribahasa, Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Bersabarlah, kelak Anda akan merasakan manisnya berpayah-payah dan berletih-letih ria.

[4] Self Confidence (Percaya diri). Point Ini tidak kalah pentingnya dengan sebelumnya. Tatkala Anda sudah tidak  yakin dengan kemampuan atau potensi yang ada pada diri Anda, maka apapun yang Anda pelajari selama ini tidak akan membekas di fikiran terlebih menghujam dalam hati dan pikiran Anda. Pancangkan niat dan tekad, bahwasannya, ketika UAS nanti, saya tidak akan bergantung sama sekali dengan teman, saya percaya dengan kemampuan saya. Apapun hasilnya yang terpenting saya sudah berusaha semaksimal mungkin dan doa kepada Allah, Dzat yang Maha memberi, memberi cahaya di hati dan pikiran, memberi inspirasi dan pertolongan, dan saya sangat yakin bahwasannya Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha yang sungguh-sungguh dari hamba-hamba-Nya.

[5] Buatlah agar suasana dan tempat belajar Anda nyaman dan kondusif sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama belajar. Hindari meja belajar yang kotor, berserakan kertas-kertas atau barang-barang yang tidak diperlukan saat belajar. Usahakan penerangan di ruangan Anda belajar cukup terang dan usahakan pula lampu berada di depan atas posisi kepala Anda, sehingga tidak membuat kedua mata Anda cepat lelah. Hindari hembusan angin oleh kipas angin langsung mengenai bola mata Anda, sebab itu termasuk diantara yang membuat mata Anda cepat ngantuk.

[6] Selalu jaga kesehatan. Jangan sampai Anda fokus belajar namun Anda mengabaikan kesehatan Anda alias tidak menjaganya. Atur waktu dan pola makan Anda dan olahraga, sehingga tubuh Anda tetap bugar dan fit sehingga peredaran darah Anda lancar. Dengan lancarnya peredaran darah Anda, dan cukupnya nutrisi dalam tubuh Anda, maka akan sangat menunjang dan memudahkan Anda untuk berfikir lebih cemerlang. Trust me..

Oke gan, itulah beberapa kiat-kiat singkat dari saya sebagai persiapan Anda menjalani ujian akhir semester. Moga-moga Anda bisa melewatinya dengan lancar dan sukses. Wish u all the best..

Sekian.