info terkini

Selamat Datang di Website Resmi Fakultas Teknik Unisma Bekasi  
I
Sejarah Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Islam “45” Bekasi berdiri sejak tahun 1992 yang terdiri atas tiga program studi, yaitu : S1 Teknik Sipil, D3 Teknik Elektro dan D3 Teknik Komputer. Dalam perkembangannya berdirilah beberapa program studi lain seperti D3 Teknik Mesin didirikan pada tahun 2002 lalu S1 Teknik Mesin dan S1 Teknik Elektro yang berdiri pada tahun 2009.

Sejak berdirinya hingga saat ini maka tidak kurang dari 500 mahasiswa telah diluluskan yang sekarang telah menyebar dan bekerja di berbagai instansi pemerintah maupun swasta ataupun di bidang wirausaha yang berada di wilayah nusantara ini. Dari catatan bidang akademik fakultas teknik rata-rata dapat meluluskan mahasiswa sekitar 40 orang per tahunnya. Namun demikian dengan bertambahnya dua program studi pada tahun 2009 diproyeksikan dua tahun mendatang rata-rata angka kelulusan akan mencapai 80 orang per tahunnya.

Saat ini jumlah jumlah mahasiswa fakultas teknik telah mencapai 700 orang dengan persentase mahasiswa S1 Teknik Sipil 15 %, S1 Teknik Mesin 40 %, S1 Teknik Elektro 15 %, D3 Teknik Mesin 9 %, D3 Teknik Elektro 6 % dan D3 Teknik Komputer 15 % . Sedangkan angka pertumbuhan jumlah mahasiswa baru per tahunnya rata-rata 20 % dengan capaian pada tahun 2009:  140 orang, tahun 2010:  155 orang dan tahun 2011: 202 orang.

Dengan jumlah student body yang cukup gemuk tetapi penyebarannya tidak merata pada keenam program studi tersebut maka fakultas teknik menerapkan strategi konservatif yaitu rencana kerja ke depan adalah memperbaiki kelemahan- kelemahan (weaknesses) yang ada dalam internal fakultas teknik untuk mendapatkan peluang (oppurtunities) dan menghadapi ancaman (threats) dari luar.

Saat ini enam program studi yang ada sudah mencapai Standar Mutu Nasional (Akreditasi BAN-PT). Pada periode berikutnya Renstra 2013 – 2017 fakultas teknik dapat menerapkan  strategi agresif  yaitu dengan kekuatan (strengths) yang ada akan dapat meraih peluang (oppurtunities) dan meredam ancaman (threats) dari luar. Sehingga diharapkan masing-masing Program Studi dapat meningkatkan grade Akreditasinya.